Wednesday, July 21, 2010

Polusi Udara dan Sepeda


Menciptakan lingkungan berudara bersih bisa dengan berbagai cara, selain menanam pohon salah satunya adalah dengan menggunakan alat transportasi berupa sepeda kayuh.

Alat transportasi ini sebenarnya sangat diminati masyarakat, selain harganya terjangkau ( ada beberapa juga yang bernilai puluhan juta, tergantung type dan merk) alat transportasi ini minim kecelakaan karena kecepatannya sangat terbatas sehingga tetap bisa terkendali.

Setiap hari kota Jakarta dipenuhi oleh kendaran bermotor, apalagi jam-jam kerja pasti udah terbayang, macet, polusi udara, polusi suara, serta kesemrawutan belum lagi tingkat stress yang begitu tinggi.

Manusia dikota besar sangat rawan stress dan usia orang yang tinggal dikota besar relatif lebih pendek dikarenakan kondisi lingkugan yang sudah tidak mendukung.
Coba dibayangkan jika kendaran bermotor digantikan dengan sepeda, pasti sudah bisa ditebak udara akan nyaman dihirup, tidak ada kemacetan yang berarti dan yang pasti stress di jalan tidak akan terjadi.

Pada hari sabtu dan minggu dari arah Monas sampai Jalan Sudiman biasanya banyak orang-orang yang bersepeda karena diberlakukan car free day.
Saat itulah para pesepeda melakukan aksinya, terasa sekali udara begitu nyaman dengan tingkat polusi yang tidak begitu berarti. Kalau kegiatan itu dilakukan tiap hari, alangkah bersihnya udara kota Jakarta.

Tapi sayang sosialisasi bike to work kurang begitu mendapat respon yang baik, masih banyak kendala yang dihadapi dan mungkin sarana dan prasarana yang kurang mendukung juga.

PR yang harus dikerjakan oleh semua orang dalam mengatasi polusi udara yang semakin parah, serta Global Warming.

No comments: