Thursday, July 15, 2010

Asal Muasal "Gue" Sampe ke Jakarta

Dimulai dari mana ya ceritanya.....oh ya sebelumnya gw flash back dikit ya tentang gw. Gw anak ke - 3 dari 4 bersaudara tinggal di kota Metropolis Surabaya.

Kehidupan gw sangat luar biasa, karena dilahirkan oleh ibu yang luar biasa, ayah gw seorang quide, tau dungk tugas seorang quide, nganterin turis-turis berwisata menikmati alam Jawa Timur yang mempesona. Sampe buka biro jodoh buat turis bujangan yang pengen nikah resmi sama orang Indonesia. Karena saking sibuknya tuh, sampe jarang pulang (udah kayak Bang Toyib)Ibu gw jadi jarang di belai,eh pas pulang malah ga bawa uang (udah kayak lagu ya : papa ga bawa uang baby...) ya udalah biarin aja ga usah diceritain lagi tentang ortu gw.

Sejak SD (Sekolah Dasar) gw udah kepikiran buat nyari duit, waktu itu gw jadi tukang ngambil bola tenis lapangan, istilah kerennya Ball Boy di UBAYA (Universitas Surabaya)kalau pas sore hari dan ada orang yang lagi maen tenis. Setelah selesai maen biasanya mereka ngasih duit, lumayan buat jajan gw sendiri. Waktu SMP gw juga kayak gitu, gw pernah ikut tukang gorengan, tukang jual makanan laut alias seafood dan masih banyak lagi kerjaan yg gw pernah lakuin.

Pas gw SMA kerjaan gw agak naik dikit,agak elite gitu,gw kerja di restoran,tempatnya di Tunjungan Plaza. Sekolah gw pagi, pulang sekolah gw langsung ke tempat gawean. Biasanya gw bawa baju ganti buat ganti di tempat kerjaan. Gw bertahan 1 taon karena gw kecapean.Bayangin aja, dari setengah tujuh pagi gw keluar rumah dan balik lagi udah jam dua belas malam. Gw nyari kerjaan lagi tuh dan nemu di daerah tempat tinggal gw yaitu di Toko kelontong. Konsepnya tetep, abis pulang sekolah gw langsung kerja. Lumayan tinggal jalan kaki, ga pake ongkos.

Gw ngelakuin ini karena ayah gw sibuk ngurusin urusannya sendiri dan ga pernah ngasih duit buat bayar sekolah. Ya wislah yang penting gw ikhlas ngelakuin ini semua,karena masa depan gw yang mesti nentuin sendiri. Gw kadang heran banget lihat anak-anak yang orang tuanya mampu tp urusan sekolah malah dibuat main-main. Gw ga pernah tuh kepikiran buat kuliah kayak sekarang ini, soalnya gw sadar sama kondisi keuangan gw.

Lumayan lama gw kerja di toko itu sampe gw lulus SMA. Nah pas gw kerja datanglah seorang pengunjung buat belanja, bapak-bapak umurnya sekitar 50an dan agak kurang waras dikit, kalau di kasih persentase dia tuh 90%, seperti biasa gw layani. Sambil ngobrol ngalor ngidul tahu-tahu dia nyeletuk : "Wah pasti kamu akan ke Jakarta".Padahal dia bukan peramal atau asisten si Gurita Paul. Ga gw tanggepin karena gw ga ada pikiran ke arah sana. Setelah lulus SMA gw langsung nyari kerjaan lagi tapi kerjaan lama masih belum gw tinggal. Waktu itu gw beruntung banget, gw baca iklan lowongan terus gw coba-coba tuh masukin lamaran. Seminggu kemudian gw dipanggil buat interview,yang interview itu dulu namanya mas Heri. Gw dikasih tau kalau kerjaannya di Hotel dan di tempatkan di Jakarta. Dua hari setelah interview gw dipanggil dan dinyatakan diterima. Seneng banget gw karena gw diterima. Besoknya gw dan beberapa orang yang diterima langsung berangkat ke Jakarta.

Gw bersyukur banget karena tempat gw kerja dihotel itu bosnya baik banget dan kondusif, sebenernya gw betah kerja di hotel itu. Karena ada masalah intern perusahaan jadi imbasnya kena ke gw dan beberapa rekan kerja gw. Akhirnya gw dipecat dan dipulangin lagi ke Surabaya sama manajemen baru dan boss yang baru itu karena gw dianggap antek boss yang lama. Supaya gw ga jadi pengganguran gw balik lagi ke toko yang gw kerja sambil sekolah dulu. Gw lupa waktu sempet di Surabaya berapa bulan dan akhirnya gw dipanggil ke Jakarta lagi sama boss yang lama buat bergabung di Restoran yang beliau buka di jalan Pemuda Rawamangun.

Gw mau karena boss itu baik banget, sampe beberapa tahun kemudian Boss gw itu meninggal dunia dan Restoran itu akhirnya tutup dan gw ngelamar kerja lagi ke PT. Sima Agustus sampe sekarang dan akhirnya sampai bisa kuliah, yang dulu cuma angan-angan semata. Ucapan terima kasih kepada Tuhan dan buat orang-orang yang sudah berjasa dalam kehidupan saya selama ini :
Buat Ibu, love u full.
Buat Ayah, maafin aku yah...
Buat Pak Franz terima kasih buat supportnya selama ini.
Buat Pak Yohanes, Sandra dan orang-orang yang ga bisa saya sebutin, terima kasih atas dukungan dan kebaikannya.
Inilah kisahku, bila ada kesalahan penulisan saya minta maaf dan harap maklum, terima Kasih.

No comments: